Pendidikan

Sedang Belajar Bahasa Inggris secara Online? Hindari 7 Hal Berikut Ini!

kampung-inggris-pare

Belajar bahasa inggris online – Arus globalisasi kadang memaksa untuk meninggalkan zona nyaman yang kamu tinggali. Entah itu mencoba hal-hal baru, peka terhadap lingkungan, memberikan pendapat hingga mempelajari suatu hal seperti bahasa asing.

Meski hanya bahasa inggris, terkadang banyak orang yang enggan mempelajarinya karena takut tidak bisa dan malu. Padahal sekarang bahasa inggris adalah kebutuhan primer lho. Lalu sampai kapan kamu akan takut dalam perubahan?

Di jaman serba modern belajar bahasa inggris semakin mudah. Puluhan ribu artikel di internet menawarkan tips dan trik belajar bahasa inggris dari berbagai level. Jutaan lembaga kursus bahasa inggris juga dengan mudah kamu temui. Lantas apalagi yang harus dibingungkan?

Nah, selain tips dan trik jitu untuk belajar bahasa inggris, ada beberapa hal yang kudu kamu hindari jika sedang belajar bahasa inggris. Hal-hal ini bisa membuat kamu semakin down dan tidak bisa berkembang. Apa saja sih 7 hal itu? Simak di sini!

1. Berfokus Pada Grammar saat Belajar Bahasa Inggris Online

Nah, untuk menghindari rasa malas yang datang, ketika kamu berbicara ataupun menulis dalam bahasa inggris jangan terlalu memusingkan grammar. Lepaskan dan ungkapkan apa saja yang ada di pikiran kamu.

Nanti kalau salah grammarnya, orang nggak bisa paham dong?

Kata siapa? Ketika kamu mengucapkan kalimat dngan menggunakan grammar yang baik orang akan paham, tetapi kalaupun tidak orang juga akan tetap paham. Semisal kamu mengatakan saya tidak suka dengan ungkapan “i no like”, kemungkinan besar orang akan tetap paham apa yang kamu maksudkan.

Masih tahu kan tujuan utama bahasa adalah menyampaikan maksud dari hati kepada orang lain. Jadi jangan ragu ya!

2. Menolak Dikritik dan Dikoreksi

menolak dikritik dan dikoreksi

Familiar dengan istilah “grammar nazi”? itu lo, orang yang gemar mengoreksi kesalahan berbahasa inggris orang lain, khususnya dalam hal grammar.

Grammar nazi sering dipandang menyebalkan oleh beberapa orang, sebab suka mencari-cari kesalahan orang lain. Hal ini yang membuat orang-orang jadi menolak untuk dikritik.

Pada saat proses kamu sedang belajar bahasa inggris online dan salah dalam meggunakan grammar, maka kamu perlu mempersiapkan diri untuk jadi mangsa pada grammar nazi di sekitar kamu. Tetapi, satu hal yang perlu kamu ingat adalah jangan kesal ketika dikoreksi!

Memang terasa menyebalkan apalagi ditambah mereka yang mengingatkan memiliki wajah yang sok pintar. Tipsnya adalah ubah mindset kamu tentang grammar nazi menjadi asisten pribadi tanpa dibayar. Pekerjaan asisten pribadi adalah memperbaiki kesalahan bos, jadi anggap saja kamu adalah bos mereka.

3. Mengandalkan Proses Pembelajaran Formal

proses pembelajaran

Poin 3 yang harus kamu hindari ketika sedang belajar bahasa inggris adalah hanya mengandalkan proses pembelajaran formal, baik itu di sekolah atau dalam lembaga kursus.

Sekolah dan kursus memang penting untuk menambah skill bahasa inggris kamu. Tetapi otak manusia lebih mudah menyerap informasi ketika dalam suasana yang menyenangkan. Jadi untuk membuat otak kamu mudah menyerap informasi, lakukan hal-hal yang menyenangkan ketika belajar bahasa inggris online.

Kamu bisa menonton film bahasa inggris favorit kamu tanpa subtitle, mendengarkan lagu bahasa inggris, main game, hingga melakukan praktik conversation dengan teman yang kamu anggap menyenangkan.

4. Memaksa Diri Mengikuti Aksen Native Speaker

Apakah kamu harus mengikuti aksen native speaker ketika belajar bahasa inggris?

Jawabannya adalah tidak. Buat kamu yang belum tahu, native speaker adalah penutur asli bahasa inggris yang memiliki logat masing-masing dan umumnya tidak sama. Amerika memiliki logat sendiri, Inggris memiliki logat sendiri ataupun negara lain. Lalu untuk apa kamu menirunya?

Bahasa inggris yang baik tidak didasarkan dengan logat yang digunakan tetapi dinilai berdasar pronounciation atau cara mengucap kata-kata dalam bahasa inggris yang benar.  Meskipun logat kamu medok ataupun aneh, orang tetap akan mengerti ucapanmu asalakan pronouncaiation kamu benar.

Memaksa diri untuk terdengar seperti native speaker membuat cara berbicaramu menjadi lebay, yang mendengarkan menjadi tidak nyaman hingga kamu akan merasa kesulitan sendiri. Endingnya lawan bicaramu akan lebih fokus kepada logatmu, bukan kata-katamu.

Kenapa kamu harus meniru? Bukannya logat yang unik akan menjadi ciri khasmu?

5. Terlalu Menahan Diri Karena Takut Salah

shy shy cat

“Aku nggak PD ngomong bahasa inggris, takut salah-salah”

Hayoo ngaku siapa yang sering seperti itu? Padahal salah satu secret receipe dalam belajar bahasa inggris adalah tidak takut salah. Rasa takut akan membuatmu ragu untuk menggunakan kemampuan bahasa inggrismu baik lisan ataupun tulisan.

Faktanya adalah semakin sering praktik menggunakan bahasa inggris, maka akan semakin berkembang bahasa inggris yang pelajari.

Satu lagi, mengapa kamu harus takut salah? Bukankah semua orang pasti pernah membuat kesalahan? Hal ini sama ketika kamu berbicara bahasa indonesia, kamu tentu pernah membuat kesalahan kan?

 Lalu kenapa harus takut salah jika salah adalah proses untuk menjadi sempurna?

6. Banyak Mengeluh dan Tidak Menikmati

banyak mengeluh

Mengeluh memang menyenangkan. Betapa tidak, ketika kamu merasakan suatu hal yang sulit, lalu kamu mulai mengungkapkannya dengan keluhan. Tahukah kamu bahwa mengeluh mempengaruhi pemikiran kamu.

Lebih baik ketika kamu belajar bahasa inggris, kamu menikmatinya. Bayangkan saja ketika kamu telah mahir berbahasa inggris, kemudian kamu mengingat proses kamu belajar bahasa inggris, maka kamu akan tertawa. Padahal dulu kamu mati-matian untuk dapat menguasai bahasa inggris.

Ketika sedang belajar bahasa inggris, berikan motivasi untuk diri kamu. Yakinlah bahwa kamu pasti mampu mahir berbahasa inggris. Nikmati dan syukuri setiap proses yang kamu jalani.

7. Enggan Praktik Langsung Belajar Bahasa Inggris Online

enggan praktik langsung

Belajar bahasa inggris tidak bisa hanya berdasarkan text di buku saja, kamu perlu praktik langsung.

Meskipun kamu mahir dalam bidang writing atupun reading, kamu perlu mengasah kemampuan speaking kamu dengan cara praktik langsung kepada orang lain. Enggan praktik dengan orang lain membuatmu kaku ketika harus berbicara dengan native speaker.

Selain menerapkan apa yang kamu pelajari berdasarkan text, praktik juga akan menambah skill bersosialisasi kamu. Percuma jika kamu pintar tetapi tidak memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan baik.

Jadi ketika kamu belajar bahasa inggris, jangan lupa untuk praktik langsung dengan orang lain ya!

Itu dia ketujuh hal yang wajib kamu hindari jika ingin bahasa inggris kamu naik level. Tentu penginplementasiannya tidak bisa langsung dan memerlukan proses, bisa jadi prosesnya lebih sulit karena beberapa faktor, tapi kamu tidak boleh patah semangat.

kampung-inggris-pare

 

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*